UTS FIQH SYARIAH JURUSAN EKONOMI SYARIAH

UTS FIQIH
KEMENTERIAN AGAMA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SANGATTA KUTAI TIMUR
JURUSAN SYARIAH


Ujian : UTS 2013/2014
Mata Kuliah : Fiqih
Jurusan : Syari’ah
Semester : 1
Bentuk Ujian : Take Home
Tanggal Penyerahan : Sesuai dengan jadual UAS Fiqh
Kelas : Reguler (A) dan (B), weekend (C, D dan E)
Dosen : MUSTATHO', S.H.I., M.Pd.I



A. Thaharah

Islam merupakan agama yang mencintai kesucian dan kebersihan. Urgensi kesucian dan kebersihan ini semakin nyata dengan sempurnanya ajaran Islam mengenai tata cara bersuci. Bersuci dari hadas kecil dapat dilakukan dengan wudu; sementara bersuci dari hadas besar dapat dilakukan dengan mandi wajib. Pertanyaanya:
a. Cari dan terangkan sejarah disyariatkannya wudu serta filosofi dari wudu itu sendiri; mengingat tidak semua anggota badan adalah anggota wudu.
b. Jelaskan tata cara tayamum dan mandi junub, sertakan niatnya masing-masing!

B. Shalat

Setiap amalan berpulang kembali kepada niatnya. Niatlah yang mempengaruhi kemana arah dan tujuan dari ibadah; tak pelak dalam setiap ibadah niat selalu berada sebagai rukun. Pertanyaanya:
a. Apa fungsi niat dalam ibadah? Di mana letak/tempat niat? Bagaimana hukum mengucapkan niat menerut para ulama?
b. Dalam shalat subuh kita mengetahui kebanyakan ulama memaknai qunut sebagai sunnah ab’ad. Artinya sunnah yang harus diganti dengan sujud sahwi apabila kelupaan mengerjakannya. Pertanyaanya; Bagaimana sejarah timbulnya qunut? Mengapa terjadi perbedaan pendapat seputar qunut subuh? Serta bagaimana kita menyikapi perbedaan tersebut?

C. Puasa

Umat Islam Indonesia tidak pernah sepakat dalam menentukan satu waktu bersama untuk puasa dan lebaran (idul Fitri). Sebagaimana kita ketahui untuk menentukan awal Ramadhan, ada dua cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pertanyaan:
a. Sebutkan dua cara ini dan dalil masing-masing!
b. Menurut anda di antara dua pendapat tentang awal Ramadhan ini, manakah yang paling mendekati kebenaran?. Sertakan alasan anda!

D. Nikah (Soal tambahan Untuk Kelas Weekend C/D/E)

Menikah adalah syariat Islam pertanyaanya:
a. apa fungsi menikah di dalam kehidupan umat manusia?
b. adakah hubungan antara syariat menikah dan kesehatan?. Tolong jelaskan, terutama kaitannya dengan pencegahan penyakit HIV-AIDS yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

>. SELAMAT MENGERJAKAN!
Jawaban yang sama antar mahasiswa atau ada indikasi sama, tidak akan diberi nilai.

Comments

Unknown said…
Assalamualaiku.maaf pak saya Tahuri dari kelas D wekkend Semester I.kelompok saya kan membahas masalah tata cara pengurusan Jenazah, disini pertanyaannya tidak ada yang membahas makalah saya,bagaimana saya mengerjakan UTS nya,apakah semua pertanyaan tersebut di jawab.terima kasih,Wassalamualaikum.

Popular posts from this blog

SOAL TES TULIS ANGGOTA KPU

KISI KISI SOAL UAS FIQH IBADAH

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN