PENDIDIKAN GRATIS DI PERGURUAN TINGGI


PENDIDIKAN GRATIS DI PERGURUAN TINGGI
MASIH DIBUKA HINGGA 30 JUNI 2010

Memasuki tahun akademik 2010/2011 STAIS Kutim membuka pendaftan bagi lulusan SMA dan sederajat yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi. Pendafatan mahasiswa baru STAIS kutim telah dibuka sejak awal Mei 2010 dan akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2010.

Seperti diketahui penyelenggaraan pendidikan di STAIS Kutim diselenggarakan secara gratis meliputi biaya operasional pendidikan (BOP),SPP dan uang gedung. Hal ini diungkapkan langsung oleh ketua STAIS kutai timur dalam rapat persiapan penerimaan mahasiswa baru TA 2010/2011 di Kampus STAIS Kutim, “Seperti tahun-tahun sebelumnya STAIS menyelenggakan pendidikannya secara gratis (tidak dipungut sedikitpun biaya pendidikan), apakah beban SPP, BOP maupun uang gedung, semua dibebaskan,.” ujar Ketua STAIS.

“Yang patut dibanggakan sampai saat ini STAIS Kutai Timur merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Kutai Timur. Dengan status ini keberadaan STAIS diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi lulusan SLTA/sederajat di Kutai Timur dan Kabupaten sekitarnya untuk meneruskan pendidikannya”. Tambah ibu ketua.
Meski STAIS menyelenggarakan pendidikan secara gratis bukan berarti STAIS menyelenggarakan pendidikan secara asal-asalan. Pasalnya, untuk dapat menjadi mahasiswa STAIS disyaratkan memiliki kemampuan akademik dan kemampuan intelektual yang baik, guna mampu lulus dalam tes masuk penerimaan mahasiswa baru STAIS Kutim. Tes masuk calon mahasiswa STAIS 2010/2011 meliputi Tes pengetahuan agama, Pengetahuan umum dan kemapuan bahasa asing (Arab/Inggris). Juga tes kepribadian dan tes membaca al-Qur’an.

Terkait persyaratan pendaftaran mahasiswa baru, bagi lulusan SMA sederajat hanya dengan mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan photo copy ijazah MA/SMA/SMK/ pesantren/ sederajat dilegalisir rangkap dua, photo copy DANEM dan pas photo hitam putih 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 3 lembar. Sedang bagi lulusan D2 atau D3 yang hendak melanjutkan ke program S1 ditambahkan untuk memenuhi kelengkapan akademik berupa photo copy ijazah D2/ D3 yang telah dilegalisir.

Program studi yang ditawarkan STAIS saat ini adalah program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan orientasi mencetak lulusan ahli di bidang agama Islam, Guru PAI pada jenjang pendidikan MI/SD, MTs/SLTP dan MA/SLTA, tenaga professional di bidang kependidikan Islam, konsultan bidang pendidikan, konselor/ penyuluh keagamaan dan supervisor di bidang pendidikan. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di sekertariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAIS di Jl. APT. Pranoto No 1 Sengata Utara telepon 0549-5505855 tiap hari dan pada jam kerja yang ada. (Mustatho’, M.Pd.I/Divisi Publikasi PMB STAIS 2010/2011)

Comments

Popular posts from this blog

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN

SOAL UTS Ushul Fiqih