SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SEMESTER III
KELAS A (PAGI) DAN KELAS B (SORE)
STAIS KUTIM.
1. Psikologi pendidikan sangat luas lingkupnya. Tidak sedikit kemudian kajiannya terjebak ke dalam makna psikologi belajar.
Menurut pendapat anda:
a). Apa perbedaan antara psikologi pendidikan dengan psikologi belajar?. Terangkan baik dari sisi definisi maupun lingkupnya, sertakan pula contoh-contoh terkait.
b). Antara pengajaran (taklim) dan pendidikan (tarbiyah) jelas sangat sulit dipisahkan. Coba terangkan makna keduanya, dan bagaimana hubungan antar keduanya?.
2. Psikologi pendidikan tentunya terkait erat dengan teori belajar. Pertanyaannya.
a) Apa relevansi teori belajar dengan masalah psikologi pendidikan?
b) Menurut anda, adakah kontribusi teori belajar pada pemecahan masalah psikologi belajar pada anak didik? Jelaskan dan berikan contohnya.
3. Perkembangan intelegensi anak berlangsung cepat antara umur 13 atau 15 tahun. Antar satu anak dengan yang lainnya jelas terdapat perbedaan tingkat intelegensi.
a). Bagaimanakah mengukur tingkat perbedaan intelegensi anak didik?.
b) Bagaimanakah mengatasi masalah perbedaan intelegensi ini?
c) Dalam kategori pembelajaran, dapatkah perbedaan intelegensi ini dianggap sebagai gangguan belajar?. Apa alasannya?
4. Sejauh ini apa yang dapat anda simpulkan dari pembelajaran psikologi pendidikan?.
5. Setelah memperoleh mata kuliah psikologi pendidikan, bagaimanakah anda memandang anak didik?. Adakah perubahan atau perbedaan dengan sebelumnya?. Terangkan secara psikologis!
Referensi.
Muhammad Ali dan Muhammad Anshori, Psikologi Remaja, Jakarta, Media Grafika, 2008.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta, Logos Ilmu, 1993.
------------------, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Rosda Karya, 1997.
Sumadi Surya Brata, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 1984.
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 1986.
Sri esti WuryaniDjiwadono, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Gramedia, 2008.
NB. 1. Jawaban bisa menggunakan referensi lain. Kalau menggunakan in note mohon ditulis Nama Pengarang, Judul buku dan tahun terbit.
2.Bagi Mahasiswa/i yang melewati batasan komitmen kehadiran (maksimak 5 x tidak hadir), baik karena ijin, sakit, terlebih absen tanpa alasan, mohon menghubungi dosen terkait penggantian tugas.
3. Soal UTS ini wajib dibawa hadir (diserahkan sendiri) pada pelaksanaan semesteran.
4. Selamat Mengerjakan.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SEMESTER III
KELAS A (PAGI) DAN KELAS B (SORE)
STAIS KUTIM.
1. Psikologi pendidikan sangat luas lingkupnya. Tidak sedikit kemudian kajiannya terjebak ke dalam makna psikologi belajar.
Menurut pendapat anda:
a). Apa perbedaan antara psikologi pendidikan dengan psikologi belajar?. Terangkan baik dari sisi definisi maupun lingkupnya, sertakan pula contoh-contoh terkait.
b). Antara pengajaran (taklim) dan pendidikan (tarbiyah) jelas sangat sulit dipisahkan. Coba terangkan makna keduanya, dan bagaimana hubungan antar keduanya?.
2. Psikologi pendidikan tentunya terkait erat dengan teori belajar. Pertanyaannya.
a) Apa relevansi teori belajar dengan masalah psikologi pendidikan?
b) Menurut anda, adakah kontribusi teori belajar pada pemecahan masalah psikologi belajar pada anak didik? Jelaskan dan berikan contohnya.
3. Perkembangan intelegensi anak berlangsung cepat antara umur 13 atau 15 tahun. Antar satu anak dengan yang lainnya jelas terdapat perbedaan tingkat intelegensi.
a). Bagaimanakah mengukur tingkat perbedaan intelegensi anak didik?.
b) Bagaimanakah mengatasi masalah perbedaan intelegensi ini?
c) Dalam kategori pembelajaran, dapatkah perbedaan intelegensi ini dianggap sebagai gangguan belajar?. Apa alasannya?
4. Sejauh ini apa yang dapat anda simpulkan dari pembelajaran psikologi pendidikan?.
5. Setelah memperoleh mata kuliah psikologi pendidikan, bagaimanakah anda memandang anak didik?. Adakah perubahan atau perbedaan dengan sebelumnya?. Terangkan secara psikologis!
Referensi.
Muhammad Ali dan Muhammad Anshori, Psikologi Remaja, Jakarta, Media Grafika, 2008.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta, Logos Ilmu, 1993.
------------------, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Rosda Karya, 1997.
Sumadi Surya Brata, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 1984.
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 1986.
Sri esti WuryaniDjiwadono, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Gramedia, 2008.
NB. 1. Jawaban bisa menggunakan referensi lain. Kalau menggunakan in note mohon ditulis Nama Pengarang, Judul buku dan tahun terbit.
2.Bagi Mahasiswa/i yang melewati batasan komitmen kehadiran (maksimak 5 x tidak hadir), baik karena ijin, sakit, terlebih absen tanpa alasan, mohon menghubungi dosen terkait penggantian tugas.
3. Soal UTS ini wajib dibawa hadir (diserahkan sendiri) pada pelaksanaan semesteran.
4. Selamat Mengerjakan.
Comments