TERAPI PRAKTIS PANJANG UMUR


Judul Buku : Rahasia Panjang Umur, Warisan Tradisi China untuk Hidup Sehat & Bugar Hingga 100 Tahun
Penerbit : DARAS Jakarta
Penulis : Dr. Maoshing Ni
Tahun Terbit : September 2008
Tebal : 352 Halaman
Harga : Rp. 65.000


Diakui atau tidak, di setiap kepala manusia pasti terbersit pemikiran tentang makna kehidupan ini sebelum kematian mendatanginya. Sudahkah setiap orang menghargai kehidupan dan kesehatan yang telah diberikan kepadanya?. Sakit menjadi momok manusia di hampir seluruh penjuru dunia. Kondisi inilah yang kemudian membuat setiap manusia berpikir keras bahkan rela menghabiskan semua sisa hartanya untuk kesehatan dan terjauhkan dari kematian.
Memang benar, secara umum usia harapan seseorang bekisar rata-rata antara 60 sampai 70 tahun. Kalkulasi ini kemudian membuat pesimis ketika seseorang telah menapaki usianya yang ke 70 tahunan, bahwa ia akan segera didatangi sang maut. Asumsi inilah yang nampaknya sedang diluruskan oleh Dr. Mao ahli kesehatan dari China yang dengan tegas menyatakan bahwa harapan hidup setiap orang adalah 100 tahun. Bukan hanya menjalani hidup 100 tahun dalam keadaan lemah dan sakit-sakitan, tetapi hidup sehat dan menikmati masa hidup yang panjang itu.
Buku yang berjudul Rahasia Panjang Umur, Warisan Tradisi China untuk Hidup Sehat dan Bugar Hingga 100 Tahun karya Dr. Maoshing Ni ini adalah terapi praktis menghargai kehidupan, menjalani hidup dengan bugar dan menikmati masa tua tanpa rasa kalut akan sakit dan kematian.
Dr. Maoshing Ni dengan tegas mengatakan jika kita ingin panjang umur dan hidup sehat, kita harus berani menjalankan gaya hidup sehat. Caranya tidak terlalu sulit, hanya butuh konsistensi kita untuk menjalankan rutinitas hidup sehat tanpa bosan. Sedikitanya hanya butuh 14 sampai 21 hari untuk memulai dan menanamkan gaya hidup sehat ini. Dan hanya mensyaratkan konsistensi terhadap rutinitas sehat ini.
Terapi praktis menjaga panjang umur ini oleh Dr. Mao di kemas dalam enam paketnya, yakni pertama makan 5 kali sehari. Kebiasaan seseorang yang hanya makan 3 kali sehari, namun dalam porsi besar, menjadi masalah pertama. Makan secara ideal adalah 5 kali sehari dengan masing-masing porsi kecil. Karena porsi makan yang cukup namun sering, akan memberikan tambahan nutrisi, gula darah dan energi ke dalam tubuh secara stabil. Sehingga metabolisme tubuh meningkat. Hal ini juga membantu meringankan proses pecernaan serta mengurangi resiko serangan jantung.
Kedua, memperbanyak kegiatan fisik. Nilai praktis terapi ini adalah dengan sebisa mungkin menggerakan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jangan memanjakan tubuh kita dengan malas-malasan dan gengsi. Melakukan sedikit gerakan fisik kecil lebih baik dari pada melakukan olahraga besar-besaran yang menguras tenaga kemudian berhenti lagi. Dari hal kecil bisa membuahkan hasil yang besar dan sehat untuk tubuh kita. Ketiga, berolahraga sesuai hobi, sebab melakukan olahraga yang tidak kita sukai akan menimbulkan rasa beban. Silahkan anda pilih sendiri olahraga yang cocok dan sesuai hobi anda. Keempat, Tertawalah. Karena hidup bahagia akan membuat hidup seseorang lebih lama. Rasa bahagia akan merangsang produksi sel imun alami tubuh. ini akan melindungi tubuh anda dari resiko kanker dan penyakit lainnya. Tertawa juga merangsang produksi hormon endorphin, senyawa yang mengirimkan sinyal bahagia kedalam otak kita.
Terapi Kelima rahasia Dr. Mao adalah dengan minimal minum 8 gelas sehari. Resep ini memang tak asing lagi bagi kita. Yang perlu diperhatikan jangan sembarangan air yang kita minum. Pastikan air yang kita minum air yang berkualitas, yakni air dari sumber alami, tidak terkena polusi, bahan kimia dan racun. Pilihlah air yang telah disaring dengan proses penyaringan menggunakan arang. Karena akan menghilangkan bahan polutan dalam air dan tetap mempertahankan mineral alami yang dikandungnya. Perlu diingat, hindari menyimpan air dalam tempat plastik, karena kandungan bahan kimianya akan ikut larut dalam air.
Menghilangkan stress dengan meditasi merupakan kunci terakhir seseorang dalam menjaga kesehatannya. stress adalah sumber ketidakbahagiaan dan gangguan kesehatan. Hingga berakibat memperpendek umur manusia. Dan meditasi adalah salah satu cara yang paling efektif menghilangkan stress. Meditasi akan membantu mengatur pernafasan kita hingga menghilangkan racun sampai 70%. Meditasi juga akan menenangkan pikiran kita, mengendurkan saraf-saraf, melatih disiplin, dan membantu kita sehat dan panjang umur
Penulis buku ini, Dr. Maoshing Ni adalah generasi ke-38 dari keluarga dokter pengobatan China yang mengambil spesialisasi di bidang pengobatan anti-penuaan Taois. Setelah menerima dua gelar doktor dan menyelesaikan disertasi Ph.D.-nya dalam bidang nutrisi, Dr. Mao bekerja di Shanghai Medical University dan memulai penelitian 20 tahunnya tentang kaum lansia China. Dr. Mao kembali ke Los Angeles pada tahun 1985 dan sejak saat itu memfokuskan diri pada pengobatan anti-penuaan Taois di Tao of Wellness Center miliknya.
Melalui buku ini, menjaga kesehatan, memperoleh umur panjang terasa mudah. Dari buku ini tersaji cara-cara alami untuk hidup lebih lama, lebih sehat dan bugar, serta lebih bahagia. Sebagai dokter dengan spesialisasi umur panjang, Dr. Mao mengetahui rahasianya—yang ternyata sangat sederhana dan begitu ampuh. Selamat membaca!

Mustatho’, Pengajar di STAIS Kutai Timur, Kal-Tim.
Alamat: Jl. APT Pranoto, No. 1, Sengata Utara, Kutai Timur .
No Rek.KCP Mandiri Sangatta 148-000-0705631-3 a.n Mustatho
Hp. 0815 7878 5376
Blog. http//.mustathok.blogspot.com
Email. tatok.m@gmail.com

Comments

samsulbahri said…
selamat dosen muda.. semoga tambah produktif, tambah wacana..
Mustatho said…
Amin Kawan. Semoga Sukses selalu. Amin.

Popular posts from this blog

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN

SOAL UTS Ushul Fiqih