CALL FOR PAPERS 2011

ISSN 1979-0589

MANAHIJ
Jurnal ILMIAH STAIS KUTIM
Berpikir Kritis Transformatif


CALL FOR PAPERS 2011

Jurnal Ilmiah MANAHIJ adalah Jurnal STAIS Kutai Timur yang concern dalam bidang kependidikan Islam dan isu-isu pendidikan secara umum. Jurnal Manahij diterbitkan oleh STAIS Kutim berkala 2 kali setahun (6 bulanan). Pada setiap edisi diterbitkan sesuai dengan tema tertentu yang telah disepakati dalam rapat redaksi antara pimpinan redaksi, sekretaris dan satu dewan redaksi. Selain menerima tulisan dalam bentuk makalah, kami juga menerima timbangan buku yang sesuai dengan tema pada setiap edisi, baik karya klasik maupun kontemporer.
Untuk itu kami mengundang para penulis untuk mengirimkan tulisannya guna dimuat dalam jurnal ini dengan ancangan deadline penerimaan artikel sebagai berikut;

Volume dan Nomor Tema Deadline
Vol. V. No. 1, Mei 2011 Pendidikan Islam; Sejarah dan Model-model Lembaga pendidikan Islam modern 5 April 2011
Vol. VI. No.2, November 2011 Pendidikan; Kebijakan dan Praktek 5 Oktober 2011

Karya ilmiah yang dipertimbangkan bisa dimuat adalah karya yang memenuhi persyaratan dan acuan sebagai berikut:

1. Artikel adalah karya orisinal penulis dan belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ataupun buku.
2. Jumlah halaman antara 13-25 untuk artikel dan 7-110 untuk book review, diketik dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan font Garamound dan Time new Arabic (untuk kata-kata/bahasa Arab) dengan font 12, margin penulisan 4-4-3-3.
3. Artikel harus menyertakan abstrak (1 halaman) dalam bahasa asing (bahasa Inggris atau bahasa Arab). Makalah berbahasa Inggris menyertakan abstrak dalam bahasa Arab, sementara makalah berbahasa Arab menyertakan abstrtak dalam bahasa Inggris. Kata kunci abstrak ditulis dengan bahasa Indonesia.
4. Setiap bahasa asing dan bahasa daerah, selain nama orang dan tempat, serta yang belum terserap dan terbukukan dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan cetak miring (italic); khusus kata Arab ditulis italic dengan font Time New Roman dan mengikuti pedoman transliterasi.
5. Tulisan diserahkan dalam bentuk file document (Soft copy) yang disimpan dengan format RTF (Rich Text Format), dan disertai nama penulis, asal lembaga (jika dari luar STAIS Kutm), alamat email, serta No. Tlp./HP.
6. Teknik penulisan catatan kaki menggunakan in note, sebagai berikut:
a. Buku:
(Oemar Seno Adji, 1985: 34).
(Ibid., 36).
b. Buku Terjemahan:
(C. Snouck Hurgronje, terj. S. Gunawan, 1983: 34).
c. Kitab Suci:
QS. al-Baqarah: 12.
7. Bila mengutip ulang referensi yang sama secara berurut, maka penulis cukup menulis dengan Ibid. Jika berbeda halamannya, cukup tambahkan nomor halamannya: Ibid., 14.
8. Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan membalik suka kata terkahir nama penulis, judul buku, kota, penerbit, dan tahun, kemudian mengurutkannya secara alfabetis, seperti contoh berikut:
Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. 2. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 2004.
Siregar, A. Rivay. Tasawuf dari Sufisme Klasik ke Neo-Sufisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 200.
9. Penulis dapat mengirimkan file artikelnya dalam bentuk CD ke alamat Jurnal Manahij STAIS Kutai Timur: Jl. APT Pranoto. No 1 Sengata Utara, Kutai Timur. Atau dalam bentuk soft file dan dikirim langsung via email ke: tatok.m@gmail.com dengan mencantumkan nama penulis, asal lembaga (jika dari luar STAIS), alamat email, serta No. Tlp./HP.
10. Setiap artikel akan diseleksi dan dinilai oleh tim penyunting dengan melibatkan pakar terkait di bidangnya, dan kemudian penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya: diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak. Keputusan tim penyunting tidak dapat diganggu gugat.
11. Penulis yang artikelnya dimuat berhak mendapatkan honorarium sesuai kebijakan pengelola Jurnal.
12. Hal-hal lain dapat ditanyakan langsung kepada pengelola jurnal. Contact Person yang dapat dihubungi adalah: Mustatho’ (Ketua 081254447281) dan Khusnul Wardan (Sekretaris 085250058164).

Salam, Pimpinan Redaksi
Mustatho

Comments

Popular posts from this blog

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN

SOAL UTS Ushul Fiqih