STAIS KUTIM PEROLEH NILAI AKREDITASI B

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mewajibkan kepada semua perguruan tinggi yang membuka program studi melaksanakan standar nasional pendidikan. Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005. Tujuannya membedakan kualitas Perguruan Tinggi (PT) dengan standart mutu melalui uji komponen yang telah ditentukan oleh BAN PT.

Untuk memperoleh akreditasi, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutim telah melakukan persiapan jauh hari sebelumnya, baik dari sisi kelengkapan administrasi maupun persiapan lain. Selanjutnya pada Juni 2010 lalu dilakukan divisitasi (tinjauan) oleh tim BAN PT Prof Dr Thobroni dan Dr Ali Mudhofir di kampus STAIS Kutim yang beralamat di Jalan APT Pranoto, Sangatta. Tujuannya untuk menghimpun bahan akreditasi, bagi civitas akademik setempat menyambut baik upaya dimaksud.

“Setelah menunggu hasil visitasi BAN PT hampir 6 bulan lamanya, STAIS Kutim kini telah memperoleh akreditasi nilai B,” kata Ketua STAIS Siti Muri’ah, Rabu (29/12).

Akreditasi nilai B yang diperoleh STAIS Kutim berdasar Surat Keputusan (SK) BAN PT Nomor023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010 tanggal 29 Oktober 2010. Akreditasi sifatnya mengikat semua perguruan tinggi, baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri. Hal ini dimaksud menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan agar selalu mutunya terkontrol oleh BAN PT.

Berikut sebagai pembanding data yang dimiliki Kementerian Pendidikan Nasional. Di Indonesai hingga kini, ada sekitar 5.000 program studi yang belum terakreditasi. Pada tahun 2010 ini, BAN-PT mengakreditasi 4.000 program studi. Salah satunya adalah STAIS Kutim dengan nilai akreditasi B. Sementara sisa perguruan tinggi yang belum diakreditasi rencana diselesaikan tahun berikutnya.

“Sesuai rencana, STAIS Kutim tahun 2011 akan mewisuda sarjana sebanyak 115 mahasiswa. Untuk keperluan kelulusan inilah arti penting akreditasi bagi STAIS. Tanpa akreditasi perguruan tinggi tidak boleh menerbitkan ijazah,” jelas Siti Muri’ah. (kmf2)

Direlease oleh Mustatho', diberitakan dalam http://kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=84417

Comments

Popular posts from this blog

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PSIKOLOGI PENDIDIKAN

SOAL UTS Ushul Fiqih